Diberdayakan oleh Blogger.

Lengkapi Menu Sarapan Sehat Anda dengan Susu Kedelai

Sarapan sangatlah penting, selain memberikan sumber energi agar kita tetap bisa bersemangat menjalankan aktifitas sehari-hari, sarapan juga dapat menambah daya konsentrasi. bagi anak, mereka membutuhkan sarapan pagi, sarapan meningkatkan prestasi anak di sekolah, hal itu karena daya konsentrasi terhadap pelajaran meningkat.

Berbicara menu sarapan, telur dan susu adalah pilihan terbaik. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai sangat baik untuk mengontrol kolesterol di dalam tubuh, selain itu susu kedelai juga menjadi alternatif yang sangat baik bagi para vegetarian atau yang memang menghindari jenis susu sapi.

susu kedelai untuk sarapan sehat
Lengkapi menu sarapan dengan susu kedelai untuk meningkatkan kesehatan tubuh

Susu kedelai sebagai produk nabati memiliki kandungan serat yang tinggi, membuat susu kedelai mampu memenuhi kebutuhan serat harian. Bahkan jika dikonsumsi banyak akan membuat kenyang lebih lama. Karena itulah susu kedelai baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Tentu saja, susu kedelai sangat cocok untuk masuk pada list makanan dan minuman sehat bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat. Sangat baik mengawali aktifitas anda dengan sarapan sehat dan meminum susu kedelai.

Menurut seorang ahli nutrisi, susu kacang kedelai bukanlah termasuk kategori susu, karena susu adalah cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia dan manusia.

Susu kedelai atau susu kacang kedelai, terbuat dari sari kacang kedelai. Membuatnya pun tidak sulit, umumnya kedelai dicuci bersih, direndam hingga lunak, dan direbus. Selanjutnya kedelai diblender hingga halus, disaring dan direbus hingga mendididih. Rasanya mirip susu sapi, gurih dan lembut

Susu yang masih hangat biasanya dicampur dengan gula atau diberi sedikit vanili agar aromanya lebih harum. Susu siap diminum. Jika tak mau repot, banyak susu kedelai siap minum yang dijual dalam kemasan.

Jika tidak dicampur dengan gula, minuman segar dan menyehatkan ini secara alami mengandung kadar gula yang rendah. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai hanya mangandung 7 gram gula per 200 ml sedangkan susu sapi mencapai 12 gram.

Susu kedelai juga diketahui mengandung sedikit kalori, 80 kalori saja yang setara dengan susu skim. Asam lemak tak jenuh dalam susu inipun dapat menghambat penyerapan lemak di usus. Hal ini sangat mendukung proses penurunan berat badan.

Seperti dilansir Fitday, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin minum susu kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan semikian mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Susu kedelai juga kaya kalsium dan vitamin D untuk mencegah osteoporosis. Jika ingin mengurangi porsi makan, susu kedelai cocok dikonsumsi saat sarapan sebagai pengganti susu sapi.

Perlu juga diketahui bahwa meskipun manfaat susu kedelai amatlah besar bagi kesehatan namun perlu dicatat bagi para pria agar tak mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah berlebihan. Karena menurut beberapa sumber yang saya baca bisa mengurangi produksi hormon lelaki.
hal tersebut karena susu kedelai merupakan sumber phytoestrogen yang bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kalau hal tersebut berlangsung dalam waktu lama maka kemungkinan bisa menimbulkan sisi feminin pada tubuh anda.

Description
: Lengkapi Menu Sarapan Sehat Anda dengan Susu Kedelai
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Lengkapi Menu Sarapan Sehat Anda dengan Susu Kedelai
Share Lengkapi Menu Sarapan Sehat Anda dengan Susu Kedelai via

0 komentar:

Posting Komentar