Diberdayakan oleh Blogger.

Buah-buahan Pencegah Flu Secara Alami

Flu seakan penyakin musiman yang melanda pada musim hujan, perubahan musim dan efek cuaca membuat daya tahan tubuh kita yang lemah terhadap serangan virus influenza.

Mengapa kurangnya sinar matahari menyebabkan daya tahan tubuh lemah? Sinar matahari merupakan sumber dari Vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh optimal, membantu pembentukan tulang yang kuat, mencegah penyakit berbahaya, dan lain sebagainya. Berkurangnya sinar matahari di musim hujan memberikan efek yang kurang menguntungkan tubuh karena kandungan vitamin D dalam tubuhpun berkurang.

Selain vitamin D, vitamin C telah sejak lama diketahui sebagai antioksidan yang mampu menangkal serangan penyakit flu. Vitamin C didapatkan dari buah-buahan segar yang mudah didapatkan. Berikut ini beberapa buah-buahan yang bermanfaanfaat untuk mencegah dan meringankan gejala flu:

Buah-buahan yang bermanfaat mencegah gejala flu
Buah-buahan yang bermanfaat mencegah gejala flu

1. Buah Jeruk 
Kandungan komponen jeruk yang terkenal adalah vitamin C-nya. Namun, pada jeruk juga mengandung potassium, dan asam folat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi buah jeruk secara rutin dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit flu. Selain itu vitamin C juga mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas dan memperkuat sel-sel kulit tubuh dengan cara meningkatkan produksi kolagen kulit. Fungsi kolagen ini adalah menjaga bentuk elastisitas dari kulit agar tetap baik.


2. Buah Pepaya 
Pepaya merupakan buah populer yang kaya akan manfaat, bukan hanya buahnya saja, daun dan getahnya dimanfaatkan sebagai obat yang berkhasiat, dll. Disamping kandungan vitamin E buah pepaya, kandungan karoten dan vitamin C juga sangat tinggi. Dalam 100 gram buah pepaya mengandung vitamin C sebanyak 78 mg, jumlah tersebut masih lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk sekalipun (vitamin C pada jeruk 49 mg).


3. Buah Apel
Apel termasuk buah yang memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi, terutama quercetin dan vitamin C. Senyawa antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Disamping itu senyawa antioksidan berguna untuk mencegah berbagai penyakit termasuk juga penyakit flu. Beberapa kandungan penting dari apel lainnya adalah mineral (kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc), dan vitamin (vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B9).


4. Buah Pisang 
Pisang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding buah apel. Buah pisang tinggi akan provitamin A (betakaroten), vitamin B6 (piridoxin), tiamin, riboflavin, dan niasin. Selain itu pisang juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Komponen-komponen gizi pada pisang ini sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah serangan flu.


5. Buah Cranberry 
Dibanding jenis buah lainnya, cranberry memang memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah, demikian juga dengan kandungan mineralnya. Namun, buah cranberry sangat tinggi akan kandungan polifenol yang juga berfungsi sebagai senyawa antioksidan, contohnya antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin. Disamping itu, cranberry juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, dan berfungsi sebagai antikanker.


Description
: Buah-buahan Pencegah Flu Secara Alami
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Buah-buahan Pencegah Flu Secara Alami
Share Buah-buahan Pencegah Flu Secara Alami via

0 komentar:

Posting Komentar