Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa

Makanan Sehat bagi Mahasiswa
Pola makan mahasiswa dinilai kurang sehat karena pola hidup yang mendorong untuk mengkonsumsi makanan instan.

Sebagai mahasiswa, ada baiknya, anda mulai menerapkan gaya hidup sehat, mumpung masih muda. Kondisi atau tuntutan belajar anda tak boleh mengorbankan urusan kesehatan, berikut ini beberapa tips yang bermanfaat bagi mahasiswa yang berkomitmen untuk menjalankan pola hidup sehat, tentu saja dimulai dengan mengkonsumsi makanan sehat!


1. Makanlah sesuai waktunya

Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Kalau kamu melewatkan sarapan atau makan malam, kamu justru akan lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat.

2. Konsumsi buah dan sayuran yang beraneka warna

Banyak manfaat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, sebaiknya anda mengganti kebiasaan jajan ada pada makanan yang kurang bermanfaat bagi tubuh seperti jajanan instan dalam kemasan, sebaiknya gantilah kebiasaan ngemil dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang beraneka macam warna.

3. Biasakan membawa bekal

Selain menghemat uang jajan, membawa makan siang dari rumah akan menghemat waktu dengan tidak perlu jauh-jauh dan mengantri di kantin atau warung makanan dan tentunya gizi yang terkandung sangat baik karena makanan yang dibuat sendiri kita ketahui kandungan nutrisinya.

4. Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang

Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), juga buah dan sayur dalam jumlah yang  cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

5. Pilih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng

Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.

6. Mengemil dengan sehat

Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.

7. Kurangi fast food

Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan2. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.

8. Hindari soft drink

Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.


Semoga bermanfaat!


Description
: Tips Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Tips Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa
Share Tips Pola Makan Sehat bagi Mahasiswa via

0 komentar:

Posting Komentar