Diberdayakan oleh Blogger.

5 Makanan Sehat Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

antioksidan kayu manis
Kayu manis mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh

Sistem imun atau yang lebih dikenal sistem kekebalan tubuh adalah suatu jaringan sel, dan organ yang bekerja sama untuk mempertahankan tubuh terhadap serangan "benda asing", terutama mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi.

Pada beberapa artikel lainnya telah dijelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh (imunitas) sangatlah penting, kondisi sistem kekebalan tubuh yang melemah membuat tubuh sangat rentan terserang penyakit.

Olehnya itu, sistem kekebalan tubuh perlu dijaga agar tidak melemah, apalagi pada saat pergantian musim dimana perubahan cuaca drastis membuah imun tubuh melemah. Untuk itu, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat di bawah ini agar kesehatan anda tetap terjaga.

Berikut makanan sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh;

1. Jahe

Berlawanan dengan apa yang diyakini selama ini, jahe bukanlah akar, namun batang, yang berarti mengandung senyawa hidup yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Senyawa yang terkenal bermanfaat adalah gingerol, senyawa yang dapat menekan kanker seperti yang ditunjukkan berbagai studi, efektif melawan kanker kolon.

Baca juga: Manfaat jahe untuk kesehatan

Gepraklah jahe segar, tambahkan ke dalam minuman atau makanan yang hendak disantap. Semakin banyak konsumsinya akan semakin baik, Bisa menghangatkan badan juga lho dikala dingin.


2. Teh Hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu menangkal efek radikal bebas yang merusak tubuh. Teh hijau itu mengandung antioksidan EGCG, yang dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker.

Fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna seperti E.coli, Clostridium, dan Salmonella, sehingga kerja bakteri baik tidak terganggu. Ini penting dilakukan karena, 70% sistem imunitas tubuh berada di saluran cerna. Cukup konsumsi 4 cangkir teh hijau sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga : Manfaat teh hijau untuk kesehatan


3. Kayu Manis

Kayu manis atau cinnamon mengandung senyawa antioksidan yang menghambat penggumpalan darah dan pertumbuhan bakteri serta efektif mencegah kanker.

Sebenarnya, untuk melindungi dari oksidatif yang disebabkan radikal bebas, tubuh menyediakan enzim antioksidan seperti superoksida dismutase (SOD), katalase, glutation peroksidase (GPx), senyawa antioksidan dan radical scavenger seperti glutation, ubiquinol dan asam urat. Hanya saja, kadang karena produksi radikal bebas melebihi normal, tubuh butuh asupan antioksidan dari makanan.

Di sinilah kayu manis sangat dibutuhkan. Cobalah setengah sendok teh per hari, campurkan dalam minuman.


4. Cabai

�Cabai merangsang metabolisme, bertindak sebagai pengencer darah alami dan membantu mengeluarkan endorphin�, ujar Gunnar Petersen, celebrity trainer bersertifikasi. Cabai juga kaya dengan beta karoten, yang mengubah vitamin A di dalam darah dan melawan infeksi.

Demikian juga capsaicin yang bertugas menghambat neuropeptida (kimia yang menyebabkan peradangan). Cabai pedas bahkan memiliki kandungan antikanker. Konsumsilah satu sendok makan cabai per hari untuk membantu badan tetap bugar.


5. Blueberi

Satu piring saji atau setara dengan 3,5 ons bluberi mengandung kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan buah apa pun. Campurkan dengan lemon dan stroberi kemudian blender, maka akan menjadi makanan super yang ampuh memerangi berbagai penyakit.


Masukkan beberapa makanan di atas ke dalam menu makanan sehat anda, tentu manfaat dari makanan sehat sangat penting untuk mnunjang kesehatan anda.


Description
: 5 Makanan Sehat Penguat Sistem Kekebalan Tubuh
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: 5 Makanan Sehat Penguat Sistem Kekebalan Tubuh
Share 5 Makanan Sehat Penguat Sistem Kekebalan Tubuh via

0 komentar:

Posting Komentar