Diberdayakan oleh Blogger.

Menu Makanan Sehat Lancarkan ASI

Susu Kedelai Menu Makanan Sehat Lancarkan ASI
Susu kedelai merupakan salah satu menu yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI

Setelah melahirkan, seorang ibu mungkin mengalami kesulitan memproduksi Air Susu Ibu (ASI) sehingga perlu dirangsang dengan konsumsi makanan sehat yang dianjurkan, walaupun memang biasanya dibutuhkan beberapa hari hingga produksi ASI menjadi lancar. Pemberian ASI terhadap sang bayi sangatlah disarankan, bahkan ASI eksklusif (pemberian ASI tanpa diselingi dengan makanan atau minuman tambahan) sangat baik untuk perkembangan sang buah hati.

Manfaat ASI tidak hanya dirasakan oleh bayi dengan meningkatnya kekebalan pada tubuh bayi sehingga tidak mudah sakit. Sang ibu pun mendapatkan manfaat saat masa menyusui seperti; Membantu proses pemulihan setelah melahirkan, Mencegah perdarahan, Salah satu cara ber-KB
dan salah satu cara mencurahkan kasih sayang ibukepada sang buah hati.

Olehnya itu, pemberia ASI kepada bayi harus sedini mungkin, sang ibu perlu merangsang produksi Air Susu Ibu dengan memperbaiki pola makan. Untuk memperlancar ASI, beberapa menu makanan sehat di bawah ini berguna untuk merangsang dan melancarkan produksi ASI untuk si buah hati. Menu makanan sehat ini sangat mudah didapatkan sehingga kebutuhan nutrisi ibu menyisui dapat terpenuhi dengan mudah.


1. Menu makanan sumber kalori

Selama menyusui, akan lebih baik pada saat memasak nasi putih dicampurkan dengan segenggam kacang hijau atau beras merah.

Bila suka mengkonsumsi beras merah akan lebih baik. Bagi penggemar nasi jagung campurkan di dalamnya kacang hijau atau kacang merah.


2. Menu sayuran


Sayur Bening

Pilihan Bahan :
  • Bayam Merah, bayam hijau, daun katu
  • Jagung manis muda, wortel, oyong ( gambas)
  • Taoge kedelai / kecambah kacang hijau

Urap - urap / pecel ( tidak pedas )

Pilihan bahan : Daun pepaya, daun bayam, daun kacang panjang, daun singkong muda, sawi hijau, daun kencur muda, daun beluntas, sawi pahit, daun kenikir, kacang panjang, taoge, kangkung.

Sup sayuran

Pilihan bahan : Brokoli hijau, buncis muda, wortel, kacang merah, asparagus.


3. Menu lauk pauk untuk protein

Tahu goreng, Tempe goreng, telur ayam minimal sebutir setiap hari.

Pepes ikan air laut maupun air tawar, sup ikan kakap, ikan gabus atau ikan patin, sup telur puyuh, Tim ikan tuna, salmon, tim ceker ayam kampung, empal daging sapi, bandeng presto.


4. Minuman


Susu sari kedelai, susu sapi segar, jus buah segar, tajin beras merah, es kacang merah.

Susu jagung manis: Caranya jagung manis direbus, sisir bijinya lalu diblender. Tambahkan air secukupnya. Beri garam garam dan gula sedikit.


5. Kudapan atau Camilan


Kacang tanah yang disangrai, marning jagung goreng, kedelai goreng.


Selain beberapa menu makanan sehat di atas, hal penting yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui adalah mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari karena dalam memproduksi ASI, dibutuhkan banyak cairan.

Perlu diperhatikan juga bahwa jika ibu banyak mengkonsumsi ikan atau protein hewani kadang ASI berbau sedikit amis. Tidak menjadi masalah. Justru kandungan proteinnya sangat tinggi yang berguna untuk membentuk kecerdasan otak bayi.


Sumber: kompasiana.com |
Description
: Menu Makanan Sehat Lancarkan ASI
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Menu Makanan Sehat Lancarkan ASI
Share Menu Makanan Sehat Lancarkan ASI via

0 komentar:

Posting Komentar